Difteri Menakutkan

www.smkmugacileungsi – Selasa (20/2/2018) SMK Muhammadiyah 3 Cileungsi berkerja sama dengan puskesmas cileungsi mengadakan penyuntikan difteri di perpustakaan smk muhammadiyah 3 cileungsi . Penyuntikan difteri ini dihadiri oleh dr.sri wijayanti dan para dewan guru smk muhammadiyah 3 cileungsi. Suntik difteri yang dilakukan kurang berjalan dengan lancar karena masih banyak penolakan dari siswa/i. Antusias setiap siswa/i beragam, ada yang bercanda gurau, menjerit-jerit karena takut jarum suntik, ada juga yang mengumpat di kolong meja untuk menghindari peyuntikan difteri. Untuk Indonesia sendiri ada 3 (tiga) wilayah yang banyak terkena difteri, khususnya daerah Jakarta, depok dan bekasi.

Suntik Difteri ini adalah satu program pemerintah yang wajib dilakukan oleh setiap sekolah mulai dari tingkat sd/smp/smk dan masyarakat umum. Difteri sendiri adalah infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorakan, serta terkadang mempengaruhi kulit.

Penyebab Difteri sendiri ialah :  minum bergantian, makan satu sendok bersama-sama dan udara langsung saat berkomunikasi. Bakteri difteri sendiri akan menghasilkan  racun yang akan membunuh sel-sel sehat dalam tenggorokan, sehingga akhirnya menjadi sel mati. Sel-sel yang mati inilah yang akan membentuk membran (lapisan tipis) abu-abu pada tenggorokan. Di samping itu, racun yang dihasilkan juga berpotensi menyebar dalam aliran darah dan merusak jantung, ginjal, serta sistem saraf.

Gejala Difteri sendiri ialah : demam, batuk,  Terbentuknya lapisan tipis berwarna abu-abu yang menutupi tenggorokan dan amandel, Sakit tenggorokan dan suara serak, Pembengkakan kelenjar limfe pada leher, serta Pilek yang awalnya cair, tapi lama-kelamaan menjadi kental dan terkadang bercampur darah.

Pencegahan Difteri sendiri ialah dengan vaksin.  Pertama vaksin DTP-HB-HIB diberikan imunisasi pada bayi dibawah 1 (satu) tahun. Kedua Vaksin DT diberikan pada anak sekolah tingkat dasar. Ketiga Vaksin TD diberikan pada usia dibawah 18 tahun. Setelah melakukan penyuntikan efek yang terjadi pegel-pegel pada bagian yang disuntik dan gatal.

Reporter : Shevira, Agung, Veni

Photografer : Wulandari

Penulis : Dewi

785 total views, 2 views today

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*